
Sejarah Honda torehkan dalam teknologi sepeda motor di dunia. Pada tahun 1982 pabrikan sepeda motor asal Jepang ini menerapkan teknologi injeksi buat sepeda motor. Teknologi injeksi untuk sepeda motor Honda ini dinamakan PGM-FI atau kepanjangan dari Programed Fuel Injeksi.
Honda meluncurkan sepeda motor model CX500 Turbo yang mengusung sistem suplai bahan bakar dengan PGMFI. Sejak saat itu Honda konsen dengan penerapan teknologi PGM-FI untuk motor yang diproduksinya. Tahun 1986 di Honda GL1200 menggunakan PGM-FI. Diikuti NR750 di tahun 1992.
Pada tahun 1993 Honda mengaplikasi teknologi PGM-FI ke sepeda motor NSR500V yang ikut GP500. Penggunaan teknologi PGM-FI di sepeda motor balap Honda itu terus berlanjut ke mesin 4 langkah bernama MotoGP. Honda RC211V hingga RCV213 yang balap MotoGP pakai injeksi. Prestasi Honda di tahun 2011 menjadi juara dunia MotoGP dan di 2013 sering pole position dan juara.
Pengalaman Honda pada teknologi motor injeksi PGM-FI lebih dari 31 tahun (1982-2013) dan dipasang ke sepeda motor untuk keperluan harian hingga balap merebut juara menjadi jaminan kualitas dan kemajuan teknologi injeksi Honda.
Sejarah PGM-FI di Indonesia
Siapakah pelopor teknologi injeksi untuk sepeda motor di Indonesia? Jawabnya Honda. Motor injeksi ya Honda.
Sejarah telah membuktikan bahwa Honda merupakan sepeda motor injeksi pertama di Indonesia. Pada 2005 PT Astra Honda Motor (AHM) produsen sepeda motor Honda di Indonesia melahirkan Honda Supra 125 PGM-FI yang memakai teknologi injeksi dan merupakan sepeda motor pertama produksi di Indonesia yang menggunakan injeksi. Teknologi injeksi motor Honda menjadi tonggak motor injeksi di Indonesia.
Teknologi injeksi saat itu hanya ada di motor gede atau kapasitas besar. Kehadiran Honda Supra 125 PGM-FI di tahun 2005 memulai era baru sepeda motor dengan cc kecil yang mengusung teknologi injeksi yang maju dan modern.
Berbagai manfaat diberikan Honda Supra 125 PGM-FI yang memakai sistem suplai bahan bakar PGM-FI ini. Konsumsi bahan bakar yang lebih ekonomis, powerfull, ramah lingkungan, mudah dalam perawatan dan pemakaian.
Besarnya manfaat teknologi injeksi untuk kehidupan manusia ini mendorong Honda terus berkomitmen menerapkan teknologi PGM-FI untuk motornya. Pada 2010 Honda pelopor injeksi untuk skutik di Indonesia. Honda PCX yang merupakan skutik modern mengadopsi PGM-FI.
Di sepeda motor tipe bebek, skutik teknologi PGM-FI telah dipakai Honda. Tipe sport Honda juga mencangkokkan PGM-FI. Pada Honda CBR250 dan 150 Honda menerapkan teknologi PGM-FI. Line up Honda dengan teknologi PGM FI semakin lengkap dengan Varian Spacy, Beat & Scoopy pada tipe Matic serta CB 150 R Streetfire dan Honda Verza 150 cc pada kategoti Sport. Lengkaplah teknologi injeksi di sepeda motor Honda mulai tipe bebek, skutik dan sport, mulai Product High end sampai low end semua tersedia teknologi PGM-FI.
Honda pelopor dan konsisten pada teknologi injeksi di sepeda motor di Indonesia bukti cinta pada nusantara ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar